Salah satu bidang pengetahuan terapan yang diharapkan semakin banyak
dapat memberi sumbangan pada perkembangan pendidikan di tanah air kita
adalah bidang Teknologi Pendidikan. Kemampuan untuk memanfaatkan
teknologi modern tentu saja sangat banyak tergantung pada jumlah dan
kemampuan para ahli dalam bidang Teknologi Pendidikan.
Teknologi dalam pendidikan merupakan bagian dari konsep teknologi
pendidikan berupa media untuk memperlancar kegiatan instruksional.
Potensi penggunaan teknologi dalam pendidikan berkaitan dengan usaha
peningkatan produktivitas pendidikan. Salah satu teknologi pendidikan
yang manfaatnya begitu besar adalah internet.
Internet saat ini telah menjadi teknologi yang sangat penting untuk
berbagai aspek. Baik dari aspek pendidikan, aspek sosial, aspek
kebudayaan, aspek ekonomi dan lain sebagainya. Untuk aspek pendidikan,
internet sangat terasa manfaatnya baik untuk lembaga pendidikan, untuk
pendidik, maupun untuk anak didik.
B. Permasalahan
1. Apa pengertan internet?
2. Apa yang dimaksud dengan teknologi pendidikan?
3. Apa saja manfaat internet bagi lembaga pendidikan, seorang pendidik,
dan anak didik?
C. Pembahasan Masalah
1. Pengertian Internet
Internet adalah gabungan dari jaringan-jaringan komputer dalam sekala
luas dan besar dimana masing-masing computer tersebut dapat saling
berkomunikasi satu dengan yang lainnya menggunakan sebuah bahasa
jaringan.
2. Pengertian Teknologi Pendidikan.
AECT (Association for Educational Communications and Technology), 2004,
mengartikan bahwa teknologi pendidikan adalah studi dan praktik etik
dalam upaya memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja dengan
cara menciptakan, menggunakan/ memanfaatkan, dan mengelola proses dan
sumber-sumber teknologi yang tepat. Tujuan utamanya jelas, dalam hal ini
masih tetap untuk memfasilitasi pembelajaran agar efektif, efisien dan
menarik dan untuk meningkatkan kinerja.
Menurut Comission on Instructional Technology (1970) teknologi
pendidikan berarti suatu cara yang sistematis dalam mendesain,
melaksanakan, dan mengevaluasi proses keseluruhan dari belajar dan
pembelajaran dalam bentuk tujuan pembelajaran yang spesifik, berdasarkan
penelitian dalam teori belajar dan komunikasi pada manusia dan
menggunakan kombinasi sumber-sumber belajar dari manusia maupun
non-manusia untuk membuat pembelajaran lebih efektif.
Jadi, menurut konsep ini tujuan utama teknologi pembelajaran adalah
membuat agar suatu pembelajaran lebih efektif.
3. Berbagai manfaat Internet.
a. Manfaat internet bagi lembaga pendidikan.
Bagi lembaga pendidikan seperti Depdiknas, sekolah negeri, sekolah
swasta, universitas, dan lembaga-lembaga lain yang berkaitan dengan
pendidikan, manfaat penggunaan internet banyak, antara lain:
1) Memperkenalkan kepada orang-orang tentang lembaga dengan membuatkan
web lembaganya di internet.
2) Untuk melakukan penerimaan pegawai baru, siswa baru, dan mahasiswa
baru lembaga dapat melakukan dengan sistem online di internet, sehingga
lebih efisien waktu dan biaya.
3) Untuk beberapa lembaga perguruan tinggi internet dimanfaatkan untuk
legalisasi online.
4) Antara lembaga satu dengan lembaga lain pasti membutuhkan kerja sama
maupun pembandingan, dengan internet hal-hal semacam itu dapat dilakukan
dengan cepat dan mudah.
b. Manfaat internet bagi pendidik.
Untuk pendidik internet bermanfaat dalam berbagai hal, antara lain:
1) Internet bermanfaat untuk mencari bahan materi ajar yang akan
diberikan kepada anak didik.
Di dalam internet terdapat banyak materi dan ilmu. Bahan materi ajar
memang sudah diatur dalam kurikulum, namun pendidik mengembangkan materi
ajar agar pengetahuan yang dimiliki anak didik semakin banyak dan
wawasan semakin luas.
2) Akses ke sumber informasi.
Sebelum adanya Internet, masalah utama yang dihadapi oleh pendidikan (di
seluruh dunia) adalah akses kepada sumber informasi. Perpustakaan yang
konvensional merupakan sumber informasi yang sayangnya tidak murah.
Buku-buku dan journal harus dibeli dengan harga mahal. Pengelolaan yang
baik juga tidak mudah. Sehingga akibatnya banyak tempat di berbagai
lokasi di dunia (termasuk di dunia Barat) yang tidak memiliki
perpustakaan yang lengkap. Adanya Internet memungkinkan mengakses kepada
sumber informasi yang mulai tersedia banyak. Dengan kata lain, masalah
akses semestinya bukan menjadi masalah lagi.
3) Internet digunakan sebagai alat berdiskusi antar pendidik.
Sesama pendidik akan lebih baik bila berdiskusi dan saling mengkritisi.
Pendidik dapat berdiskusi dan mengkritisi tentang materi ajar, kurikulum
baru, cara mengajar, dan lain sebagainya. Dengan melakukan kegiatan
diskusi dan saling mengkritik diharapkan agar dalam mengajar akan
menjadi lebih baik dan bahan materi ajar semakin kaya. Jika tempat
berjauhan berdiskusi antar pendidik tidak perlu bertatap muka secara
langsung karena internet dapat menghubungkan mereka.
4) Internet digunakan sebagai alat berdiskusi dengan anak didik.
Sekarang ini banyak anak didik yang pintar dan cerdas, mereka dapat
diajak untuk berdiskusi membahas masalah dan memecahkan masalah. Untuk
ajang berdiskusi itu tidak perlu anak didik bertemu secara langsung
dengan pendidik, namun dengan berbagai fitur yang disediakan oleh
internet tanpa harus bertatap muka diskusi itu bisa terjadi bahkan bisa
lebih menyenangkan dan menantang
5) Internet dimanfaatkan oleh pendidik agar anak didik mengumpulkan
tugas melalui fitur email.
Dengan adanya internet inovasi baru tentang pengumpulan tugas juga
muncul. Anak didik mengumpulkan tugas tanpa harus menemui pendidik yaitu
dengan fitur email. Sehingga waktu, tenaga, dan materi dapat ditekan
karena dengan internet tempat yang jauh bisa terasa begitu dekat.
c. Manfaat internet bagi anak didik.
Sekarang ini anak didik tidak dapat dipisahkan dengan internet.
Pendidikan dasar, pendidikan menengah, sampai mahasiswa saat ini sudah
mengenal internet sehingga, banyak sekali manfaat yang diberikan oleh
internet, antara lain:
1) Pendidikan Dasar dan Menengah, internet digunakan mempengaruhi
peningkatan motivasi, menguatkan pengajaran, meningkatkan lingkungan
psikologi.
2) Penggunanan internet dimaksudkan untuk merangsang dan memotivasi
mahasiswa dalam mengembangkan intelektualnya sehingga dapat
mengembangkan penelitian dan pengembangan ilmu baik teoretis maupun
terapan.
3) Tukar menukar informasi atau tanya jawab dengan pakar dapat dilakukan
melalui Internet.
4) Tanpa adanya Internet banyak tugas akhir dan tesis yang mungkin
membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk diselesaikan.
5) Hasil-hasil penelitian di perguruan tinggi dan lembaga penelitian
dapat digunakan bersama-sama sehingga mempercepat proses pengembangan
ilmu dan teknologi.
6) Hasil-hasil penelitian di perguruan tinggi dan lembaga penelitian
dapat digunakan bersama-sama sehingga mempercepat proses pengembangan
ilmu dan teknologi.
7) Kerjasama antar pakar dan juga dengan mahasiswa yang letaknya
berjauhan secara fisik dapat dilakukan dengan lebih mudah.
Dahulu, seseorang harus berkelana atau berjalan jauh untuk menemui
seorang pakar untuk mendiskusikan sebuah masalah. Saat ini hal ini dapat
dilakukan dari rumah dengan mengirimkan email. Makalah dan penelitian
dapat dilakukan dengan saling tukar menukar data melalui Internet, via
email, ataupun dengan menggunakan mekanisme file sharring. Apabila
seorang mahasiswa di Sumatera dapat berdiskusi masalah pertanian dengan
seorang pakar di universitas terkemuka di pulau Jawa. Mahasiswa di
manapun di Indonesia dapat mengakses pakar atau dosen yang terbaik di
Indonesia bahkan di dunia. Batasan geografis bukan menjadi masalah lagi.
D. Penutup
Dari makalah ini dapat disimpulkan :
1) Internet adalah gabungan dari jaringan-jaringan komputer dalam sekala
luas dan besar dimana masing-masing komputer tersebut dapat saling
berkomunikasi satu dengan yang lainnya menggunakan sebuah bahasa
jaringan.
2) Teknologi pendidikan berarti suatu cara yang sistematis dalam
mendesain, melaksanakan, dan mengevaluasi proses keseluruhan dari
belajar dan pembelajaran dalam bentuk tujuan pembelajaran yang spesifik,
berdasarkan penelitian dalam teori belajar dan komunikasi pada manusia
dan menggunakan kombinasi sumber-sumber belajar dari manusia maupun
non-manusia untuk membuat pembelajaran lebih efektif.
3) Banyak sumbangan dari internet untuk pengembangan pendidikan, baik
bagi lembaga pendidikan, pendidik, dan anak didik.
Setelah mengetahui bahwa bahwa teknologi internet banyak memberikan
manfaat bagi efisiensi pembelajaran dan bagi pendidikan, marilah kita
mengembangkan teknologi pendidikan dan memanfaatkan internet untuk
hal-hal yang bermanfaat.
0 comments:
Post a Comment